Biogas

MESIN PERAJANG SAMPAH ORGANIK UNTUK PENGOLAHAN KOMPOS DI DIENG ...
TRAINING PEMBUATAN FILM DOKUMENTER UNTUK ...
LPTP ...
NGO SULSEL MAGANG DI ...
KOMUNITAS FILM DOKUMENTER PELAJAR
IN MEMORIAM FOUNDER FATHER  ...
PAMERAN TTG LPTP DI PACITAN KREATIF
YLPTP SELENGGARAKAN RAKER DEWAN PEMBINA DAN ...
Masalah utama yang ...
MEN-LH RAHMAT WITOELAR KUNJUNGI ...

Selama kurun waktu satu tahun ...
Sebagaimana tradisi LPTP, pada setiap bulan Romadhan ...
Pada ...
35 tahun bukan waktu yang pendek. ...
Hari Senin, tanggal 4 November ...
 Team LPTP melakukan pemetaan rumah ...
Waktu merupakan sekolah tempat kita belajar. Waktu ...
LPTP kembali ...
Pelatihan ...



View LPTP Stats

View LPTP Stats


 
Home » Koperasi Tekad LPTP

KOPERASI TEKAD LPTP

 

koperasi_01

 Semakin bertambahnya mitra binaan LPTP kebutuhan akan permodalan bagi usaha kecil kian diperlukan. Tidak banyak pada masa itu lembaga keuangan yang mau mensupport kebutuhan modal usaha kecil. Kalau pun ada dengan persyaratan rumit yang sulit dipenuhi dengan cepat oleh pengusaha kecil.

Memperhatikan kebutuhan akan permodalan bagi usaha kecil itu, YLPTP kemudian mendirikan koperasi pada tahun 1989. Koperasi yang didirikan diberi nama Koperasi Tekad dan disahkan oleh Departemen Koperasi pada tahun 1989. Pendirian koperasi ini terutama diarahkan untuk mensupport kebutuhan permodalan bagi pengusaha kecil yang menjadi mitra binaan LPTP. Selain itu keberadaan Koperasi Tekad dimaksudkan juga sebagai upaya peningkatan kesejahteraan staf YLPTP yang jumlahnya semakin banyak baik itu staf kantor maupun staf program lapangan.

Dalam perkembangannya, layanan yang diberikan oleh Koperasi Tekad semakin meluas. Bidang perdagangan dan perumahan menjadi bidang garap Koperasi Tekad selanjutnya. Bidang perdagangan ini mengalami pasang surut karena tidak adanya outlet khusus yang mudah diakses oleh masyarakat luas.

Untuk program perumahan, Koperasi Tekad mengembangkan program pembangunan perumahan bertumpu kelompok P2BPK - Community Based Low Cost Housing. Program pembangunan perumahan ini diperuntukkan bagi kelompok masyarakat miskin di perkotaan yang mengalami problem kepemilikan rumah. Pada program ini Koperasi Tekad melakukan pengorganisasian masyarakat berpenghasilan rendah untuk Program Pembangunan Perumahan Bertumpu Pada Kelompok (P2BPK).

Program ini berhasil dengan baik dengan dibangunnya perumahan fase I dan fase II. Pengembangan perumahan fase I dan II ini menjadikan Koperasi Tekad menjadi inovative leader dalam program perumahan P2BPK antara tahun 1994 – 1997. Pembangunan perumahan fase I atau dikenal lokasi I sejumlah 74 buah RSS di Desa Palur Kulon Kecamatan Mojolaban Sukoharjo. Sedang pembangunan fase II atau di lokasi II jumlah rumah yang dibangun lebih besar lagi yaitu 143 buah rumah type 21 dan type 36 di Desa Joho Kecamatan Mojolaban Sukoharjo. Untuk fase yang ke III atau perumahan di lokasi III dibangun 50 buah rumah juga di Desa Joho Sukoharjo.

Pada saat pendiriannya, mandat Koperasi Tekad adalah melakukan upaya  pengembangan keuangan mikro, perdagangan mikro dan perumahan kooperatif. Pada awalnya Koperasi ini mampu memberi layanan yang baik dan grafik profitnya meningkat. Namun sebagaimana lembaga lain, koperasi ini juga mengalami pasang surut. Penataan untuk penyehatan koperasi ini terus dilakukan agar selain mampu memberi layanan kepada masyarakat juga bisa menjalankan fungsinya sebagai lembaga yang profit oriented.

Di samping Koperasi Tekad, YLPTP juga mendirikan Koperasi TEKUN di Boyolali dan Koperasi TANDON di Pacitan. Kospin TEKUN  (Tekad usaha Mandiri) dikembangkan oleh LPTP berawal dari kegiatan Revolfing Fund (RF) pada Proyek IRDP (Integrated Rural Development Project) Boyolali, Jawa Tengah. Sedangkan Kospin TANDON (Koperasi Petani Donorojo), merupakan kegiatan RF yang dikembangkan di wilayah Pacitan Jawa Timur. Kegiatan RF dimulai sejak tahun 1992. Partisan program  sebagian besar petani peternak dan pedagang kecil/pengusaha industri kecil pedesaan yang jumlahnya terus berkembang.

Tujuan dari pendirian koperasi ini dalam upaya meningkatkan dan mengembangkan kegiatan usaha produktif masyarakat yang sangat memerlukan adanya lembaga keuangan alternatif yang dapat melayani kebutuhan mereka. Dalam kerangka itulah Koperasi Simpan Pinjam Tekun dan Tandon LPTP didirikan.

Visi :
Koperasi TEKAD LPTP menjadi lembaga bisnis yang mandiri dan profesional serta menjadi salah satu sumber pendanaan bagi pengembangan program-program komunitas LPTP – mitra dampingan LPTP.  

Misi :

Menyelenggarakan berbagai program usaha - bisnis dan pelayanan pada anggota dan calon anggota dengan focus Program Pembangunan Perumahan Terpadu dan Pengembangan Lembaga Keuangan Mikro (LKM) serta Jasa Perdagangan.

Tujuan :

  • Meningkatkan kesejahteraan seluruh Anggota (Keluarga Besar Komunitas LPTP)  melalui Optimalisasi Sumberdaya Yayasan LPTP.
  • Menjadi lembaga Fund Rising Yayasan LPTP.
  • Menjadi sumber pendanaan bagi Koperasi-Koperasi  (LKM) di lingkungan Wilayah Program Komunitas  LPTP.


Program :

  • Program pelayanan anggota dan calon anggota
  • Pelayanan jasa keuangan (simpan pinjam/BMT)
  • Pelayanan jasa perdagangan
  • Program perumahan/pemukiman  

 

 Kantor :
Kompleks Gedung Komunitas LPTP
Jl. Raya Palur Km 5
Tegal Asri RT 04 RW VI  Ngringo Jaten
Karanganyar 57772  Solo  

Kontak :

Phone

0271-826620

Fax

0271-825107

Email

kopkar@lptp.or.id

Webiste

http://www.lptp.or.id

 

 

***



Copyright © 2008 - 2018 by LPTP surakarta, All right reserved.
Bali web design