Biogas

MESIN PERAJANG SAMPAH ORGANIK UNTUK PENGOLAHAN KOMPOS DI DIENG ...
TRAINING PEMBUATAN FILM DOKUMENTER UNTUK ...
LPTP ...
KOMUNITAS FILM DOKUMENTER PELAJAR
NGO SULSEL MAGANG DI ...
IN MEMORIAM FOUNDER FATHER  ...
PAMERAN TTG LPTP DI PACITAN KREATIF
YLPTP SELENGGARAKAN RAKER DEWAN PEMBINA DAN ...
Masalah utama yang ...
MEN-LH RAHMAT WITOELAR KUNJUNGI ...

Selama kurun waktu satu tahun ...
Sebagaimana tradisi LPTP, pada setiap bulan Romadhan ...
Pada ...
35 tahun bukan waktu yang pendek. ...
Hari Senin, tanggal 4 November ...
 Team LPTP melakukan pemetaan rumah ...
Waktu merupakan sekolah tempat kita belajar. Waktu ...
LPTP kembali ...
Pelatihan ...



View LPTP Stats

View LPTP Stats


 
LPTP Menatap dunia dengan cara berbeda

Home » Profil LPTP » PPTL (C-BETech)

PPTL (C-BETECH)

PPTL (PUSAT PENGEMBANGAN TEKNOLOGI LINGKUNGAN) /
C-BETech (CENTER FOR COMMUNITY-BASED ENVIRONMENTAL TECHNOLOGY)
Pembangunan yang berkembang pesat membawa implikasi buruk buruk berupa terjadinya perubahan lingkungan yang mengancam kelangsungan hidup manusia. Eksploitasi besar-besaran sumber daya alam dan produktivitas industri-industri yang tumbuh di banyak negara memberi ekses kerusakan lingkungan. Langkah konkrit penanggulangan dan pencegahan lingkungan tidak hanya menjadi kewajiban pemerintah namun semua masyarakat harus siap menjadi partisan dalam menanggulangi itu.

Isu lingkungan yang berkembang di tingkat lokal maupun nasional itu memotivasi YLPTP untuk ikut berperan dalam penanggulangan masalah lingkungan. Pengembangan teknologi lingkungan yang berbasis masyarakat di perlukan dalam hal itu. Pada tahun 2002 Yayasan LPTP mendirikan lembaga C-BETech (Center for Community Based Environmental Technology) yang dimaksudkan sebagai lembaga pelaksana riset dan pengembangan teknologi tepat guna dibidang lingkungan yang berbasis masyarakat dan memberikan pelayanan teknologi tersebut kepada masyarakat.

Sebenarnya kegiatan yang menyangkut lingkungan hidup sudah sejak lama ditekuni oleh YLPTP. Sejak tahun 1990 sampai dengan tahun 1996 LPTP mengembangkan program Bio Manure Unit d wilayah Boyolali. Salah satu kegiatan utamanya adalah melakukan pengolahan limbah ternak sapi melalui pembangungan unit bio gas. Lebih dari 300 unit telah dibangun secara partisipatif di wilayah Boyolali. Dari pengalaman tersebut lalu dikembangkan lebih luas lagi pada upaya mengatasi masalah sistem pengolah limbah industri dan rumah sakit.

Problem utama dari berbagai sistem pengolah limbah yang ada adalah sangat mahal harganya, mahal operasinya, kurang praktis perawatannya disamping membutuhkan biaya tinggi, user tidak menguasai teknologinya sehingga tergantung pada pihak luar. Dari riset dan kerja sama dengan pihak lain dikembangkan sistem Dewats (Dezentralitation waste water system).  Unit pengolah limbah sistem Dewats ini menjadi bagian dari CBETech yang telah menjadi unit tersendiri yang bergerak dibidang lingkungan hidup, memberikan pelayanan pembangunan sistem pengolah limbah, penelitihan pencemaran lingkungan dan pelatihan lingkungan hidup.

Mandat yang diemban oleh C-BEtech adalah pengembangan teknologi limbah padat dan cair dan sanitasi. C-BETech diharapkan mampu berperan dalam upaya mengatasi masalah pencemaran sumberdaya air yang ditimbulkan oleh limbah domestik maupun industri. Selain mengembangkan program pengolah limbah dengan sistem DEWATS (decentralized waste water treatment) dan SANIMAS (sanitasi berbasis masyarakat), lembaga ini juga melakukan kegiatan riset, pelayanan konsultansi dan konstruksi dibidang pengolah limbah dan sanitasi.

Sesuai dengan perkembangan kelembagaan Yayasan LPTP, maka hasil rayaslub Maret 2009 mempertahankan  unit C-BETech. Unit ini fokus pada kegiatan pengembangan teknologi lingkungan. Unit ini menjadi Pusat Pengembangan Teknologi Lingkungan (PPTL).

Core program :
PPTL/C-BETech memiliki core program :
  • Air dan pengolahan air limbah. Program ini  bertujuan untuk mendukung masyarakat dan institusi dalam perencanaan desain dan pengolahan air limbah. Peran yang diambil PPTL/C-BETech adalah  peran diseminasi, fasilitasi, penyusunan DED, training dan monitoring.
  • Sanitasi berbasis masyarakat yang bertujuan mengembangkan sanitasi berbasis masyarakat dan meningkatkan sanitasi lingkungan.
  • Pengolahan sampah. Tujuan yang ingin dicapai melalui program sampah adalah Decentralized Solid Waste Management Services established in urban and peri-urban low income settlements.

Layanan :
Dalam menjalankan aktivitasnya program yang dikembangkan PPTL/C-BETech meliputi :
  • Deseminasi/promosi
  • Memfasilitasi permintaan survey dan feseability study
  • Penyusunan Detail Enggineer Design (DED) dan Rencana Anggaran Biaya
  • Training O+M dan Monitoring

Tujuan  :
PPTL/C-BETech memiliki tujuan sebagai berikut :
  • Membangun sebuah institusi yang dapat memfasilitasi masyarakat, institusi sosial maupun komersial dalam merencanakan, mendesain dan membangun sistem pengolahan air limbah maupun limbah padat secara efektif, efisien dan terjangkau berdasarkan teknik baku.
  • Membantu masyarakat dalam memperbaiki  kondisi sanitasi lingkungan pemukiman padat, kumuh, miskin perkotaan maupun pedesaan di Indonesia.
  • Membantu masyarakat dalam mengembangkan energi alternatif biogas.

PPTL/C-BETech juga menangani pekerjaan biogas skala research yang bersumber dari proyek non tender. Selain itu juga menyelenggarakan research and development seperti uji coba genset biogas,  uji coba biogas untuk membakar keramik dan fabrikasi biogas


Manajemen :
Seiring dengan berjalannya waktu kegiatan dan kerjasama yang dilakukan PPTL/C-BETech semakin meluas. Manajemen PPTL/C-Btecht berusaha menjadikan PPTL/C-Btech profesional dalam menjalankan fungsinya. Kini PPTL/C-BETech di support staff  inti 13 orang dan staff program 47 orang dan berkantor di Jogja. Dengan scuad staff yang cukup banyak maka program-program yang dijalankan menunjukkan kemajuan yang berarti. Pengendalian C-BEtecht atau PPTL ini dipimpin oleh direktur. Bertindak selaku direktur pereode 2009-2013 adalah Drs. Suryanto.
suryanto

Kantor :
Jl. Anggajaya I  no. 282
Condongcatur - Depok
Kabupaten Sleman - DI Yogyakarta
Telp    : 0274 - 881751
Fax     : 0274 - 884153
Email   : cbetecht@lptp.org
 
 

Topik Terkait
History
Pengelola YLPTP
Susunan Organ Yayasan LPTP
Visi Misi & Tujuan
Format Organisasi LPTP 2009 - 2013
Struktur Organisasi LPTP
Program
PPTL (C-BETech)
P4B (C-FAD)
PPEB / C-SED
PPEK / C-FED
PT DEWATS LPTP
PT SUSDEC LPTP
KOPERASI TEKAD LPTP
Pengalaman LPTP
Tenaga Ahli LPTP

Copyright © 2008 - 2018 by LPTP surakarta, All right reserved.
Bali web design