Biogas

MESIN PERAJANG SAMPAH ORGANIK UNTUK PENGOLAHAN KOMPOS DI DIENG ...
TRAINING PEMBUATAN FILM DOKUMENTER UNTUK ...
LPTP ...
NGO SULSEL MAGANG DI ...
KOMUNITAS FILM DOKUMENTER PELAJAR
IN MEMORIAM FOUNDER FATHER  ...
PAMERAN TTG LPTP DI PACITAN KREATIF
YLPTP SELENGGARAKAN RAKER DEWAN PEMBINA DAN ...
Masalah utama yang ...
MEN-LH RAHMAT WITOELAR KUNJUNGI ...

Selama kurun waktu satu tahun ...
Sebagaimana tradisi LPTP, pada setiap bulan Romadhan ...
Pada ...
35 tahun bukan waktu yang pendek. ...
Hari Senin, tanggal 4 November ...
 Team LPTP melakukan pemetaan rumah ...
Waktu merupakan sekolah tempat kita belajar. Waktu ...
LPTP kembali ...
Pelatihan ...



View LPTP Stats

View LPTP Stats


 
LPTP Menatap dunia dengan cara berbeda

Home » Profil LPTP » Format Organisasi LPTP 2009 - 2013

FORMAT ORGANISASI LPTP 2009 - 2013

Rayaslub Yayasan LPTP bulan Maret 2009 lalu menghasilkan keputusan-keputusan yang signifikan mempengaruhi orientasi dan pola kerja Yayasan LPTP. Badan-badan baru dibentuk sebagai sarana usaha dari Yayasan LPTP untuk mencapai tujuannya. Perubahan struktur dan mekanisme organisasi YLPTP juga telah dilakukan.

Format organisasi YLPTP  sesuai dengan yang ditetapkan oleh UU Yayasan. Tujuan dari restrukturisasi organisasi ini adalah untuk menjamin keberlangsungan ke depan di tengah perubahan sosial yang pesat, penguatan jati diri sebagai organisasi yang berwatak kekeluargaan, kerakyatan dan keteladanan. Selain itu juga untuk pembudayaan spirit enterpreneourship dalam organisasi.

Dalam Rayaslub itu format struktur YLPTP yang disahkan terdiri dari badan Induk dan badan pengembangan/badan usaha.  Organ dalam badan induk meliputi Dewan Pembina, Badan Pengurus, Dewan Etik dan Badan Pengawas. Anggota yayasan LPTP yang berperan dalam pengembangan organisasi masuk dalam struktur kepengurusan yayasan baik itu di badan pengawas, pengawas, dewan etik dan di eksekutif. Reposisi itu diharapkan sesuai spirit YLPTP selain profesional juga menyanjung semangat kekeluargaan.  Adapun struktur badan pengurus meliputi ketua, sekretaris, bendahara dan di bawahnya terdapat Pusat-pusat Pengembangan.  

Pusat-pusat pengembangan yang dimiliki oleh Yayasan LPTP berperan melakukan  perintisan, inovasi-inovasi serta pengembangan dan pemberdayaan masyarakat. Hasil dari rintisan dan inovasi ini kemudian dikembangkan lebih lanjut oleh badan pengembangan/usaha. Pusat-pusat pengembangan ini berjumlah 4 badan dan masing-masing dipimpin oleh seorang direktur.

Pusat-pusat pengembangan yang ada di Yayasan LPTP  adalah :
  • Pusat Pengembangan Teknologi Lingkungan  berbasis masyarakat (PPTL) atau C-BEtech (Center for Community Based Environmental Technology). Pusat pengembangan ini bertugas melakukan riset dan pengembangan hal-hal yang berhubungan dengan teknologi lingkungan.
  • Pusat Pengembangan Energi Berkelanjutan (PPEB) atau C-SED (Center for Sustainable Energy Development). Pusat ini  menekuni hal-hal yang berhubungan dengan energi berkelanjutan.
  • Pusat Pengembangan Pangan dan Pertanian Berkelanjutan (P4B) atau C-FAD (Center for Food and Agriculture Development). Pusat ini fokus mengembangkan hal-hal yang berhubungan dengan pangan dan pertanian.
  • Pusat Pengembangan Ekonomi Kerakyatan (PPEK) atau C-FED (Center for People Economic Development). Pusat ini berkonsentrasi pada hal-hal yang berhubungan dengan pengembangan ekonomi kerakyatan.
Hal-hal yang dicapai oleh pusat-pusat pengembangan itu dikembangkan lebih lanjut sehingga memiliki nilai lebih oleh badan pengembangan usaha yang ada di lingkungan YLPTP. Badan pengembangan usaha ini berfungsi mempromosikan dan meningkatkan hasil rintisan serta inovasi dari pusat-pusat pengembangan itu hingga sampai pada tingkat kelayakan ekonomi dan bisnis. Badan pengembangan ini merupakan badan usaha Yayasan LPTP dan berbentuk PT serta koperasi. Badan usaha tersebut adalah:
  • Koperasi Tekad LPTP yang merupakan lembaga keuangan yang bergerak  di bidang keuangan mikro, perumahan dan perdagangan.
  • PT Dewats LPTP yang bergerak dalam bidang pelayanan jasa perencanaan arsitektur, konstruksi, operasi dan pemeliharaan teknologi pengolahan limbah padat dan cair.
  • PT Susdec yang bergerak dalam bidang riset sosial, perencanaan, pendidikan dan pelatihan,  sertifikasi keahlian, produksi media serta produksi teknologi tepat guna.
Pusat-pusat pengembangan dan badan usaha itu dalam menjalankan aktivitasnya disupport oleh laboratorium bengkel, media visual dan IT-Database dan divisi administrasi keuangan. Support dari  unit-unit yang ada di lingkungan Yayasan LPTP ini diharapkan dapat mengefisiensikan pekerjaan yang dilakukan dan meningkatkan output sesuai yang direncanakan.

Badan Pengurus YLPTP yang mengkoordinir pusat-pusat pengembangan dan badan usaha yang ada juga telah disahkan susunan kepengurusannya. Susunan dari Badan Pengurus Yayasan LPTP pereode 2009 – 2013 beserta pusat-pusat pengembangan dan badan-badan usaha secara lengkap sebagai berikut:

Ketua Badan Pengurus YLPTP

Ahmad Mahmudi, SH

Sekretaris BP

Drs Alim Muhammad

Bendahara BP

Sulistyo, SE, MM

Direktur PPTL/C-Betech

Drs. Suryanto

Direktur PPEB/C-SED

Sumino, AMd

Direktur P4B/C-FAD

Ir. Eko Istianto

Direktur PPEK/C-FED

Ir. Sapardi

Direktur PT Dewats

Popo Riyanto, SH

Direktur  PT Adiyasa Susdec

Rahadi, SPd

Direktur Koperasi Tekad LPTP


 Sedangkan pengelola dari unit-unit support :

Keuangan

Siti Nurhasanah

Laboratorium bengkel

Imam Syarifudin, ST

Media Visual

Cahyo Mursito

IT Data base & Knowlade

Eddy Nurcahyo, SH

 

Personil yang mengendalikan badan-badan di bawah YLPTP tersebut telah dikukuhkan dalam rapat Dewan Pembina yang diketuai oleh Ir. Akbar Tandjung pada bulan Juni 2009.

 


Topik Terkait
History
Pengelola YLPTP
Susunan Organ Yayasan LPTP
Visi Misi & Tujuan
Format Organisasi LPTP 2009 - 2013
Struktur Organisasi LPTP
Program
PPTL (C-BETech)
P4B (C-FAD)
PPEB / C-SED
PPEK / C-FED
PT DEWATS LPTP
PT SUSDEC LPTP
KOPERASI TEKAD LPTP
Pengalaman LPTP
Tenaga Ahli LPTP

Copyright © 2008 - 2018 by LPTP surakarta, All right reserved.
Bali web design