Biogas

MESIN PERAJANG SAMPAH ORGANIK UNTUK PENGOLAHAN KOMPOS DI DIENG ...
TRAINING PEMBUATAN FILM DOKUMENTER UNTUK ...
LPTP ...
NGO SULSEL MAGANG DI ...
KOMUNITAS FILM DOKUMENTER PELAJAR
IN MEMORIAM FOUNDER FATHER  ...
PAMERAN TTG LPTP DI PACITAN KREATIF
YLPTP SELENGGARAKAN RAKER DEWAN PEMBINA DAN ...
Masalah utama yang ...
MEN-LH RAHMAT WITOELAR KUNJUNGI ...

Selama kurun waktu satu tahun ...
Sebagaimana tradisi LPTP, pada setiap bulan Romadhan ...
Pada ...
35 tahun bukan waktu yang pendek. ...
Hari Senin, tanggal 4 November ...
 Team LPTP melakukan pemetaan rumah ...
Waktu merupakan sekolah tempat kita belajar. Waktu ...
LPTP kembali ...
Pelatihan ...



View LPTP Stats

View LPTP Stats


 
LPTP Menatap dunia dengan cara berbeda

Home » Berita » Buka Bersama Komunitas LPTP

Buka Bersama Komunitas LPTP
 
Posted : Sat, 26 July 2014 - 14:11 (1032 views)

Buka Bersama Komunitas LPTP
Sebagaimana tradisi LPTP, pada setiap bulan Romadhan diselenggarakan buka puasa bersama. Kegiatan buka bersama ini diawali dengan pengajian yang menghadirkan mubaligh lokal mitra LPTP. Di tengah kesibukan menjalankan tugasnya serta melaksanakan ibadah puasa, aktivis LPTP selalu berdatangan mengikuti kegiatan buka bersama ini.

Pada romadhan tahun ini kegiatan buka bersama selain diselenggarakan di kantor pusat LPTP di Palur juga diselenggarakan di dua kantor lapangan serta satu kantor badan usaha Yayasan LPTP. Yang di kantor lapangan di selenggarakan di Desa Umbulharjo Kecamatan Cangkringan Sleman DIY dan satunya lagi di Desa Wangen Kecamatan Polanharjo Kabupaten Klaten. Sedang badan usaha Yayasan LPTP yang juga selalu menyelenggarakan kegiatan buka bersama adalah  PT Dewats yang menyelenggarakan kegiatan buka bersamanya di kantornya di Desa Sambilegi Maguwo Jogyakarta.
 
Untuk kantor LPTP Palur diselenggarakan paling akhir dan sekaligus menandai saat dimulainya libur panjang LPTP. Selain itu ada satu anggota Dewan Pembina Yayasan LPTP yang juga menyelenggarakan buka bersama di rumahnya di Solo Baru yang dihadiri oleh komunitas LPTP. Total pada romadhan tahun ini keluarga besar LPTP menyelenggarakan 5 kali buka bersama komunitas LPTP.
 
 Agenda buka besama komunitas LPTP pada lima tempat itu sebagai berikut :
 

No

Hari/Tanggal

Tempat

Waktu

1

Jumat, 11 Juli 2014

Kantor Lapangan Umbulharjo, Cangkringan, Sleman

16.30

2

Jumat, 18 Juli 2014

Kantor Lapangan Desa Wangen, Polanharjo, Klaten

16.30

3

Selasa, 22 Juli 2014

Kantor Dewats, Desa Sambilegi Maguwo, Sleman`

16.30

4

Rabu, 23 Juli 2014

Rumah Drs Endu Marsono (DP LPTP) Solo Baru, Sukoharjo

16.30

5

Jumat, 25 Juli 2014

Kantor Pusat LPTP, Palur, Karanganyar

16.30

 
 
Di Umbulharjo yang merupakan kantor lapangan program pengembangan ternak terpadu Merapi Farm, kegiatan buka bersama ini mengundang masyarakat setempat. Para peternak dan petani yang didampingi LPTP di kawasan Merapi hadir mengikuti buka bersama. Kepala desa dan perangkat desa Umbulharjo serta warga di sekitar lokasi kantor juga hadir mengikuti kegiatan ini. Meskipun dilaksanakan sederhana namun kegiatan ini mampu memberikan kebahagiaan bersama.

Sementara itu di kantor lapangan Wangen, kegiatan buka bersama juga melibatkan masyarakat di sekitar lokasi kegiatan. Petani tiga desa yang tergabung dalam sekolah lapang yang didampingi LPTP hadir dalam kegiatan ini. Kepala desa Wangen mengikuti kegiatan buka bersama ini dengan warga masyarakat  yang aktif dalam kegiatan program pengembangan kawasan Sub Das Pusur  (IPWD) yang sedang dijalankan oleh LPTP.

3_buberDi kantor Dewats suasana buka bersama meriah karena dihadiri mitra lama Dewats dan LPTP. Suasananya pun bagai reuni saja. Pegiat LPTP baik dari kantor lapangan Umbulharjo, Wangen dan juga dari kantor Palur hadir mengikuti buka bersama itu. Demikian pula mitra kerja PT Dewats di Jogja banyak yang berdatangan menghadiri acara itu.

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, pada bulan puasa ini salah seorang anggota Dewan Pembina Yayasan LPTP, Endu Marsono juga menyelenggarakan agenda buka bersama di rumahnya. Yang bersangkutan merupakan angkatan pertama di LPTP dan sekarang salah satu bendahara di Dewan Pembina Yayasan LPTP. Pada saat buka bersama ini biasanya kawan-kawan lamanya hadir, termasuk dari LPTP. Sebagai mubaligh pada buka bersama ini Drs. Robith Syahbani yang juga senior LPTP.

Buka bersama di kantor LPTP di Palur sebagaimana biasanya diselenggarakan paling akhir mendekati berakhirnya bulan Romadhan. Seperti biasanya buka bersama dilakukan bersahaja namun selalu meriah. Semua staf LPTP baik yang ada di lapangan maupun kantor hadir. Mereka yang bertugas dalam program PfR di Ende yang sedang libur lebaran juga hadir mengikuti kegiatan ini. Kegiatan buka bersama ini diselenggarakan di halaman terbuka depan Gazebo Marsudi Sudjak. Sebagai pembicara Drs. M. Hari Mulyadi dari Dewan Pembina Yayasan LPTP. Dengan ringkas senior LPTP ini menguraikan nilai-nilai LPTP yang selalu dipegang teguh oleh aktivis LPTP dari dulu hingga sekarang.

 
2_buber
Kegiatan di kantor pusat LPTP ini meriah karena banyak yang datang. Mereka yang sudah tidak aktif pada kegiatan LPTP juga hadir. Aktivis LPTP yang baru yang sekarang tersebar di Klaten, Sleman, Wonosobo dan Ende berdatangan. Mitra kerja LPTP dari Insist Jogya, Sarihusada dan lainnya hadir. Mereka yang karena kesibukan tugasnya masing-masing dapat saling berinteraksi.
 
Suasana pun menjadi meriah saat waktu buka tiba. Mereka makan, minum dan sholat bersama. Sebagaimana biasanya LPTP menyediakan beragam hidangan yang dapat dipilih. Seperti biasanya tengkleng selalu menjadi favorit. Meskipun sudah disediakan empat panci besar namun tak tersisa. Sambil menikmati mereka ngobrol dengan kawan-kawannnya.

Buka bersama di kantor pusat Palur di lingkungan LPTP ini juga merupakan pertanda semua aktivitas LPTP akan berhenti  untuk sementara waktu. Besoknya para aktivis LPTP akan menjalani libur panjang lebaran di kampungnya masing-masing. Mereka akan bertemu lagi pada minggu pertama bulan Agustus untuk melaksanakan tugasnya masing-masing.
 
***


Copyright © 2008 - 2018 by LPTP surakarta, All right reserved.
Bali web design