Biogas

MESIN PERAJANG SAMPAH ORGANIK UNTUK PENGOLAHAN KOMPOS DI DIENG ...
TRAINING PEMBUATAN FILM DOKUMENTER UNTUK ...
LPTP ...
NGO SULSEL MAGANG DI ...
KOMUNITAS FILM DOKUMENTER PELAJAR
IN MEMORIAM FOUNDER FATHER  ...
PAMERAN TTG LPTP DI PACITAN KREATIF
YLPTP SELENGGARAKAN RAKER DEWAN PEMBINA DAN ...
Masalah utama yang ...
MEN-LH RAHMAT WITOELAR KUNJUNGI ...

Selama kurun waktu satu tahun ...
Sebagaimana tradisi LPTP, pada setiap bulan Romadhan ...
Pada ...
35 tahun bukan waktu yang pendek. ...
Hari Senin, tanggal 4 November ...
 Team LPTP melakukan pemetaan rumah ...
Waktu merupakan sekolah tempat kita belajar. Waktu ...
LPTP kembali ...
Pelatihan ...



View LPTP Stats

View LPTP Stats


 
LPTP Menatap dunia dengan cara berbeda

Home » Berita » Buka Bersama Komunitas LPTP

Buka Bersama Komunitas LPTP
 
Posted : Wed, 07 August 2013 - 16:02 (1440 views)

Buka Bersama Komunitas LPTP
LPTP kembali menyelenggarakan buka bersama dengan komunitasnya. Seperti biasanya agenda buka bersama ini diselenggarakan pada penghujung bulan romadhon atau tepatnya pada hari Senin tanggal 5 Agustus 2013. Buka  bersama ini diselenggarakan di balai Marsudi Sudjak di kompleks gedung LPTP Solo. Staf LPTP baik yang da di kantor maupun lapangan hadir mengikuti acara rutin tahunan ini.  Beberapa mitra LPTP juga berdatangan mengikuti buka bersama ini.

Agenda buka puasa bersama memang agenda rutin tahunan LPTP. Agenda ini mencerminkan kebersamaan dengan warna relijius staf LPTP. Kebersamaan staf LPTP dan mitranya yang sedang menunaikan ibadah puasa saat berbuka puasa bersama memberi kekuatan dan kebahagiaan sendiri. Meskipun agenda itu hanya membutuhkan waktu satu dua jam namun memberi kesan mendalam pada mereka. Apalagi setelah itu mereka harus berpisah beberapa hari karena libur lebaran.

Buka bersama ini sekaligus juga ajang reuni anggota komunitas LPTP yang terpencar di mana-mana. Mereka yang sebelumnya jarang bisa bertemu bisa berjumpa dalam acara ini. Pertemuan dengan mitra lama itu tentu sangat menyenangkan. Sambil berbuka mereka bisa ngobrol tentang berbagai hal atau mengenang masa lalu saat masih sama-sama melaksanakan program pemberdayaan masyarakat. Sebagian dari mereka juga mengajak anak-anaknya. Antar generasi penerus pun bisa saling mengenal yang berbuah persahabatan sebagaimana ayah ibu mereka.
 
4_staf_lptp_1Acara buka bersama ini biasa diselenggarakan pada hari terakhir staf LPTP bekerja. Besoknya mereka libur panjang lebaran. Jadi buka puasa ini sekaligus menandai akan terjadinya perpisahan sesaat karena besoknya semua aktivis LPTP libur panjang hari idul fitri.
 
Semakin sore halaman LPTP semakin ramai dengan kedatangan para staf dan mitra LPTP. Mereka yang bertugas di lapangan berdatangan baik sendiri maupun berombongan. Mereka yang berada di kantor Wangen juga datang. Demikian pula yang dari kantor Wonosobo. Mitra LPTP dari Aqua juga datang mengikuti acara buka bersama ini. Staf senior yang sudah memiliki kesibukan sendiri juga berdatangan hadir. 

Acara buka bersama kali ini mengundang Muhammad Rosyid, seorang ustad dari Bekonang Sukoharjo. Sebelum ustad Rosyid menyampaikan tausyiahnya, Hari Mulyuadi yang mewakili Dewan Pembina Yayasan LPTP memberikan sambutannya. Dalam sambautannya Hari Mulyadi mengatakan bahwa buka bersama ini merupakan acara tradisi yang biasa diselenggarakan LPTP sejak lama. Selain melaksanakan berbuka puasa bersama-sama, buka puasa ini juga menjadi sarana silaturohim komunitas LPTP yang masih aktif atau yang sudah purna tugas di LPTP.

“Bersama-sama kita memperkuat silaturohim yang akhirnya juga memperkuat persaudaraan kita,” demikian disampaikan oleh wakil dari Dewan Pembina Yayasan LPTP.

Ustad Rosyid dalam tausyiahnya memaparkan hikmah berpuasa yang sedang dilaksanakan sebulan penuh ini. Ia juga  menguraikan nikmat yang bisa dipetik umat muslim pada bulan penuh barokah ini. Orang yang berbahagia adalah orang yang mampu menjalankan fitrahnya sebagai manusia yang harus tetap berusaha dengan bekerja keras namun tetap tidak meninggalkan ibadahnya di bulan penuh barokah ini. Jika keduanya dapat dilaksanakan maka kebahagiaan dapat diraihnya.

Tausyiah dari ustad ini berlangsung cukup lama hingga adzan magrib tiba. Begitu adzan berkumandang pengajian ini diakhiri dan
bersama-sama3_staf_lptp_1 membatalkan puasanya dengan minum dan makanan yang sudah disiapkan oleh LPTP. Seperti biasanya beragam makanan meskipun sederhana disiapkan oleh LPTP. Dan seperti biasanya tengkleng menjadi makanan favorit dari mereka.

Bersama-sama mereka makan sambil bertegur sapa dengan rekannya yang jarang ditemuinya yang hadir pada acara itu.  Mereka memilih makanan yang sesuai dengan kegemarannya. Suasana riang gembira karena mampu menyelesaikan puasanya dan menikmati makanan secara bersama-sama tergambar jelas pada wajah mereka. Kegembiaraan mereka juga nampak karena bertemu dengan para sahabat lama yang dulu sangat akrab dengannya.

Acara itu berlangsung hingga malam. Sebagian selesai makan masih meneruskan ngobrol atau mendiskusikan sesuatu, sebagian lagi berpamitan akan mempersiapkan rencana mudiknya besok. Begitulan tradisi tahunan LPTP. Berbuka bersama menjelang libur panjang hari raya dengan seluruh komunitas dan mitra-mitranya dengan bersahaja namun penuh kebersamaan. (Eddy)

***


Copyright © 2008 - 2018 by LPTP surakarta, All right reserved.
Bali web design