Biogas

MESIN PERAJANG SAMPAH ORGANIK UNTUK PENGOLAHAN KOMPOS DI DIENG ...
TRAINING PEMBUATAN FILM DOKUMENTER UNTUK ...
LPTP ...
KOMUNITAS FILM DOKUMENTER PELAJAR
NGO SULSEL MAGANG DI ...
IN MEMORIAM FOUNDER FATHER  ...
PAMERAN TTG LPTP DI PACITAN KREATIF
YLPTP SELENGGARAKAN RAKER DEWAN PEMBINA DAN ...
Masalah utama yang ...
MEN-LH RAHMAT WITOELAR KUNJUNGI ...

Selama kurun waktu satu tahun ...
Sebagaimana tradisi LPTP, pada setiap bulan Romadhan ...
Pada ...
35 tahun bukan waktu yang pendek. ...
Hari Senin, tanggal 4 November ...
 Team LPTP melakukan pemetaan rumah ...
Waktu merupakan sekolah tempat kita belajar. Waktu ...
LPTP kembali ...
Pelatihan ...



View LPTP Stats

View LPTP Stats


 
LPTP Menatap dunia dengan cara berbeda

Home » Berita » Kantor Baru Dewats & C-BETech

Kantor Baru Dewats & C-BETech
 
Posted : Mon, 13 February 2012 - 08:46 (2459 views)

Kantor Baru Dewats & C-BETech
Sejak awal Februari 2012, PT Dewats dan C-BETech menempati kantor baru. Tempatnya tidak begitu jauh dari kantor lama yang berada di Condongcatur Depok Sleman. Lokasinya masih di Kabupaten Sleman. Tepatnya kantor yang baru itu berada di Jalan Melati No.173 RT 05 RW 57 Sambilegi Baru, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta – 55282.  Pada  hari Jumat tanggal 11 Februari 2011 diselenggarakan slup-slupan di kantor baru itu.

Selain mereka yang biasa berkantor di Yogya dari LPTP Solo banyak yang hadir. Mitra kerja C-BETech dari Borda dan institusi lain juga hadir. Beberapa tokoh masyarakat di sekitar kantor baru juga diundang. Ketua RT bersama perangkatnya hadir dan bahkan ikut memberi sambutan sambil saling mengenalkan diri. Dewats dan C-BETech memang tidak menginginkan kantornya eksklusif, namun ingin kantor yang dekat dengan masyarakat karena program-programnya memang lebih banyak melayani masyarakat terutama dalam hal mengatasi pengelolaan limbah.

Meriah acara slup-slupan itu. Semua staf kantor maupun lapangan datang mengikuti acara tasyakuran penempatan kantor baru ini. Semuanya bisa tertampung di kantor baru yang  cukup luas itu.

“Di kantor baru milik kita sendiri ini diharapkan produktivitas kita semakin meningkat dan mampu berkarya lebih baik lagi,” demikian di katakan Popo Riyanto, direktur PT Dewats saat memberi sambutan pada acara tasyakuran itu.

2_kantor_baru_dewatsSelanjutnya Bambang Partono yang mewakili Yayasan LPTP dalam sambutannya menceritakan bagaimana C-BETech dan PT Dewats dulu memulainya dari ruangan kantor yang sangat sederhana. Kemudian mengontrak rumah untuk kantor dan akhirnya bisa memiliki bangunan kantor sendiri yang cukup luas. Diawali hanya dengan C-BETech, kemudian dibentuk PT Dewats dan terakhir membentuk PT Biosan Mandiri.

“Kita harapkan kreativitas mereka semakin meningkat dan bisa berkembang lebih besar lagi,” demikian di katakan Bambang Partono yang mewakili Yayasan LPTP.

Sebagaimana diketahui Yayasan LPTP merupakan induk dari C-BETech, PT Dewats dan PT Biosan Mandiri. C-BETech merupakan salah satu pusat pengembangan di LPTP, sedang PT Dewats dan PT Biosan Mandiri merupakan badan usaha yang dimiliki oleh Yayasan LPTP. Ketiganya sekarang berkantor di kantor baru di Sambilegi Baru Depok Sleman.

C-BETech (Center for Community-based Environmental Technology) atau disebut juga PPTL (Pusat Pengembangan Teknologi Lingkungan) merupakan lembaga pelaksana riset dan pengembangan teknologi tepat guna dibidang lingkungan yang berbasis masyarakat dan memberikan pelayanan teknologi tersebut kepada masyarakat. Kegiatan C-BETech sudah dimulai sejak tahun 1990. Salah satu kegiatan utamanya adalah melakukan pengolahan limbah ternak sapi melalui pembangungan unit biogas. Ratusan unit biogas telah dibangun secara partisipatif di berbagai wilayah di Indonesia. Dari pengalaman tersebut C-BETecht mengembangkan pelayanan instalasi pengolah limbah untuk rumah sakit dan industri lain.

Sejak awal pendiriannya,  C-BETech dimaksudkan untuk membangun sebuah institusi yang dapat memfasilitasi masyarakat, institusi sosial maupun komersial dalam merencanakan, mendesain dan membangun sistem pengolahan air limbah maupun limbah padat secara efektif, efisien dan terjangkau berdasarkan teknik baku. Di samping itu juga dimaksudkan membantu masyarakat dalam memperbaiki  kondisi sanitasi lingkungan pemukiman padat di perkotaan maupun pedesaan.
 
3_kantor_baru_dewatsUntuk PT Dewats fokus pada  bidang rekayasa (engeenering) teknologi tepat guna di bidang tata lingkungan  melalui pengembangan  dan penerapan  teknologi  pengolahan limbah (padat dan cair). PT Dewats LPTP ini mengembangkan teknologi Dewats (Desentralize Wastewater Treatment) untuk mengolah limbah rumah sakit, industri tahu, rumah pemotongan hewan dan lain-lain.

Sejak tahun 2005, PT Dewats LPTP berbadan hukum Perseroan Terbatas (PT).   Tujuan dari PT Dewats LPTP  adalah ikut berperan aktif dalam  kegiatan kongkrit untuk meminimalisir penyebab kerusakan lingkungan akibat pencemaran menuju terjaminnya pelestarian fungsi lingkungan hidup.

Bentuk-bentuk pelayanan PT Dewats  di antaranya adalah memberikan jasa konsultan perencana IPAL, jasa konstruksi dan pengawasan IPAL serta pengoperasionalan dan pemeliharaan (O&M) teknologi tepat guna untuk mengolah limbah.   

Kalau PT Biosan Mandiri merupakan badan usaha paling baru di lingkungan C-BETech. PT Biosan Mandiri bergerak dalam usaha pemasaran produk teknologi pengolah limbah. PT Biosan Mandiri menawarkan suatu produk (dewats fiber) pengolahan limbah sebagai pilihan lain selain dewats konvensional yang diharapkan mampu memangkas waktu pembangunan yang biasanya membutuhkan waktu sekitar 3 bulan.

PT Biosan Mandiri didirikan memang untuk memasarkan produk pengolah limbah yang dapat diandalkan, efisisen, efektif, tepat guna dan tahan lama. Produk ini juga mempunyai kemampuan mengolah limbah populasi tinggi dan hasil olahannya dapat memenuhi standar baku mutu yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Produk yang ditawarkan  didesain oleh para ahli dibidangnya, menggunakan bahan dengan mutu tinggi, tahan lama dan memberikan jaminan purna jual serta sangat praktis dan menguntungkan berbagai pihak.

Kini para aktivis di Dewats dan C-BETech bisa lebih leluasa dan bebas di kantor milik sendiri itu. Cukup luas kantor itu. Pembenahan terus dilakukan di kantor baru ini  agar nanti semakin nyaman menjadi tempat bekerja dan berkarya. Ruang-ruang sudah ditata sesuai peruntukannya. Jaringan internet  juga sudah terinstal dan bisa dimanfaatkan oleh staf kantor dan lapangan.   

4_kantor_baru_dewatsMeskipun sederhana namun acara slup-slupan kantor baru itu meriah. Habis sambutan seremonial dilanjutkan doa bersama yang dipimpin ustad Bachrul Ulum Zuhri, senior LPTP yang pernah menjadi direktur eksekutif LPTP pereode yang ketiga. Setelah doa dilanjutkan makan siang bersama. Sambil makan mereka menikmati nyanyian dari organ tunggal. Beberapa staf lapangan ikut nyanyi bergembira. Meskipun sederhana namun acara penempatan kantor baru itu meriah. Sampai sore baru acara itu selesai. Besok mereka akan datang lagi dan mulai membiasakan diri bekerja di kantornya yang baru.

 
6_kantor_baru_dewats***5_kantor_baru_dewats
 
 



Copyright © 2008 - 2018 by LPTP surakarta, All right reserved.
Bali web design