Biogas

MESIN PERAJANG SAMPAH ORGANIK UNTUK PENGOLAHAN KOMPOS DI DIENG ...
TRAINING PEMBUATAN FILM DOKUMENTER UNTUK ...
KOMUNITAS FILM DOKUMENTER PELAJAR
LPTP ...
NGO SULSEL MAGANG DI ...
IN MEMORIAM FOUNDER FATHER  ...
PAMERAN TTG LPTP DI PACITAN KREATIF
YLPTP SELENGGARAKAN RAKER DEWAN PEMBINA DAN ...
Masalah utama yang ...
MEN-LH RAHMAT WITOELAR KUNJUNGI ...

Selama kurun waktu satu tahun ...
Sebagaimana tradisi LPTP, pada setiap bulan Romadhan ...
Pada ...
35 tahun bukan waktu yang pendek. ...
Hari Senin, tanggal 4 November ...
 Team LPTP melakukan pemetaan rumah ...
Waktu merupakan sekolah tempat kita belajar. Waktu ...
LPTP kembali ...
Pelatihan ...



View LPTP Stats

View LPTP Stats


 
LPTP Menatap dunia dengan cara berbeda

Home » Berita » Pameran

Pameran
 
Posted : Thu, 20 August 2009 - 13:34 (16755 views)

Pameran
PAMERAN TTG LPTP DI PACITAN KREATIF
Selama satu minggu LPTP mengikuti pameran  di Pacitan. Pacitan kreatif 09, demikian nama kegiatan ini dilaksanakan di alun-alun Pacitan dari tanggal 13-20 Agustus 2009. Suasana alun-alun Pacitan yang biasanya lengang berubah ramai saat Pacitan Kreatif dimulai.
 
Pada Pacitan kreatif ini terdapat 2 area pameran. Satu area untuk pameran beragam jenis kreatifitas produk yang diselenggerakan oleh badan atau instansi-instansi baik dari dalam  maupun luar Pacitan. Area ini khusus diselenggarakan oleh Dinas Koperasi, Perindustriaan dan Perdagangan (Diskopindag). Arena ini rapi dan terkesan mewah dengan hamparan karpet di sepanjang area pameran. Hanya 50 stand yang disediakan oleh dinas ini dan semuanya terisi.
 
Area yang kedua digunakan untuk beragam produk baik itu yang menyangkut sandang maupun pangan. Area ini lebar dan dipenuhi pedagang dari berbagai tempat. Selain itu terdapat beberapa permainan untuk semakin menarik minat masyarakat mengunjungi pameran. Pada sisi yang lain terdapat area panggung hiburan.
 
Pembukaan pameran Pacitan Kreatif ini dilakukan oleh Bupati Suyatno. Selesai seremonial pembukaan, Bupati Pacitan mengunjungi stand-stand pameran. Saat di stand LPTP, Bupati Pacitan memperhatikan ragam jenis teknologi tepat guna yang dipajang di stand LPTP dan maket instalasi pengolah limbah LPTP.  LPTP bukan lembaga yang asing bagi Bupati Pacitan. Cukup banyak kegiatan LPTP yang dilakukan di Pacitan, salah satunya adalah program Pidra kerjasama LPTP dengan IFAD. Pidra ini berlangsung selama 3 pereode dan dilaksanakan di berbagai wilayah Pacitan. Jadi bupati dan kebanyakan dinas di Pacitan mengenalnya.
 
Pada rapat anggota Yayasan LPTP bulan Maret 2009 yang lalu Bupati Pacitan juga hadir dan memberikan sambutan. Rapat Anggota Yayasan LPTP Maret lalu diselenggarakan di Hotel Kusuma Sahid Surakarta. Bupati beserta beberapa stafnya sengaja datang untuk mengenal lebih dekat LPTP.
 
Stand LPTP juga menarik minat anak-anak sekolah. Bahkan pada hari kedua stand LPTP sengaja dikunjungi anak-anak sekolah yang mendapat tugas dari gurunya. Imam, salah seorang penjaga stand menjelaskan produk-produk TTG yang dipamerkan. Dari cara kerja mesin teknologi tepat itu sampai kapasitasnya dijelaskan dengan rinci.
 
Salah seorang staf Bappeda Pacitan ketika mengunjungi stand LPTP tertarik dengan system IPAL Dewats yang selama ini dikembangkan oleh LPTP. Staf Bappeda tersebut berharap suatu saat PT Dewats LPTP melakukan presentasi mengenai pengelolaan limbah di tepi pantai. Daerah Pacitan pada sisi selatan memang berpantai dan dataran tinggi berada di utara. Problem limbahnya langsung mengalir ke area pantai terutama limbah cair.
 
Dari beberapa pengunjung di stand LPTP terungkap harapan LPTP lebih sering melakukan pameran di Pacitan agar masyarakat  Pacitan lebih mengenal  TTG yang beragam jenisnya, pengoperasiannya sederhana namun  mampu meningkatkan produktivitas masyarakat. Bahkan ada pengunjung yang berharap LPTP mampu menampung ide-ide masyarakat tentang TTG. Beberapa warga Pacitan juga bangga ketika mengetahui cukup banyak warga asal Pacitan yang menjadi pegiat di LPTP bahkan ada yang terlibat dalam rekayasa teknologi tepat guna LPTP. LPTP juga disarankan menjalin kerjasama dengan instansi-instansi di Pemkab Pacitan. Demikian kesan pengunjung yang dituliskan dalam buku tamu.
 
Pengunjung dari Diskopindag  menyatakan tertarik dengan biogas yang memiliki beragam kegunaan. Seorang warga Pacitan bahkan menyarankan Bupati Pacitan membangun instalasi biogas di Pacitan dengan melibatkan LPTP.  LPTP lewat PT Dewats selama ini memang menekuni pembuatan biogas. Bahkan sebelum PT Dewats, LPTP bekerja sama dengan Borda telah membangun ratusan unit biogas di daerah Cepogo Boyolali. Hingga sekarang sudah sekitar 730 unit biogas  telah dibangun oleh LPTP di berbagai wilayah di Indonesia.
 
Trasno, penanggung jawab stand LPTP menyatakan minat warga Pacitan terhadap instalasi pengolah limbah dan teknologi tepat guna cukup tinggi. Sayangnya tidak semua teknologi tepat guna hasil rekayasa LPTP dipamerkan dalam Pacitan Kreatif ini.  Meskipun LPTP menempati 2 stand yakni stand nomor 47 & 48, namun ruang tetap terasa terbatas untuk beragam jenis TTG LPTP. Hanya sebagian kecil ragam TTG LPTP yang dapat dipamerkan. Ragam TTG itu diantaranya adalah mesin  perajang rumput, perontok bulu  ayam, perajang sawut, perajang brambang, kompor biji jarak, kompor bioetanol dan beberapa maket instalasi pengolah limbah. Ragam TTG yang lain hanya diinformasikan pada brosur.
 
Meskipun demikian stand LPTP cukup menarik pengunjung. Peminat TTG LPTP ini tidak hanya dari wirausaha namun juga ibu rumah tangga  dan  anak-anak sekolah. Sepulang sekolah, berombongan dengan kawan-kawannya anak-anak sekolah itu berdatangan di stand pameran melihat-lihat.
 
Sebagian stand LPTP juga dimanfaatkan untuk pameran anggota kelompok Pidra yang difasilitasi Jarpuk Pacitan. Barang yang dipamerkan di antaranya adalah produksi gula jawa, jahe instan, kecap dan beberapa jenia jajanan ringan seperti kacang, geplak dan lain-lain yang semuanya produksi sendiri.
 
Pameran yang diselenggarakan Pemkab Pacitan ini juga untuk memperingati kemerdekaan RI yang ke 64. Pameran ini tidak hanya menarik warga kota namun warga yang berdomisili di desa jauh dari kota berdatangan untuk menyaksikan pameran ini. Peserta pameran juga banyak yang dari luar Kabupaten Pacitan.***

 pacitan_1pacitan_2

 

 

 



Copyright © 2008 - 2018 by LPTP surakarta, All right reserved.
Bali web design