Biogas

MESIN PERAJANG SAMPAH ORGANIK UNTUK PENGOLAHAN KOMPOS DI DIENG ...
TRAINING PEMBUATAN FILM DOKUMENTER UNTUK ...
NGO SULSEL MAGANG DI ...
LPTP ...
KOMUNITAS FILM DOKUMENTER PELAJAR
IN MEMORIAM FOUNDER FATHER  ...
PAMERAN TTG LPTP DI PACITAN KREATIF
YLPTP SELENGGARAKAN RAKER DEWAN PEMBINA DAN ...
Masalah utama yang ...
MEN-LH RAHMAT WITOELAR KUNJUNGI ...

Pada ...
35 tahun bukan waktu yang pendek. ...
Hari Senin, tanggal 4 November ...
 Team LPTP melakukan pemetaan rumah ...
Waktu merupakan sekolah tempat kita belajar. Waktu ...
LPTP kembali ...
Pelatihan ...
Penguatan Jaringan Forum PRB Desa



View LPTP Stats

View LPTP Stats


 
Home » Artikel » Seri TTG : Mesin Pengiris Tempe

Seri TTG : Mesin Pengiris Tempe
 
Posted : Thu, 31 December 2009 - 17:28 ( 16691 views)

Seri TTG : Mesin Pengiris Tempe
Keripik tempe termasuk lauk-pauk yang digemari masyarakat. Rasanya yang gurih disukai banyak orang. Mencari keripik tempe tidak sulit. Hampir di setiap rumah makan, warung, toko sampai super market  mudah dijumpai makanan ini. Harganya yang tidak tinggi dan rasanya yang renyah serta gurih membuat keripik tempe digemari banyak orang.
 
Keripik tempe telah dikenal lama oleh masyarakat Indonesia. Karena tempe merupakan makanan khas Indonesia maka keripik tempe juga dapat dikatakan makanan khas Indonesia. Keripik tempe sendiri merupakan bentuk pengembangan dari berbagai macam masakan dengan bahan tempe. Itu juga sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia.
 
Karena konsumennya cukup banyak, pengrajin keripik tempe juga cukup banyak. Bisa dikatakan hampir di setiap daerah terdapat pengrajin keripik tempe. Kebanyakan mereka melakukannya secara tradisional, terutama dalam penggarapan bahan baku kedelai menjadi tempe hingga siap masak menjadi keripik  tempe.
 
Karena pola pemrosesan tempe hingga siap masak dilakukan secara tradisional maka hasil yang dicapai tidak bisa banyak. Ini terutama berkait dengan keterbatasan tenaga pengiris atau perajang tempe. Bisa juga karena bahan baku atau modal yang tidak besar.
 
Bagi pengrajin besar karena bahan baku berlimpah, modal besar dan pemasaran baik maka untuk mencapai target yang dikehendaki harus memperkerjakan banyak orang, terutama untuk pengirisan bahan baku tempe. Ini tentu membutuhkan cost tenaga kerja tersendiri yang jumlahnya tidak sedikit. Kalau tidak begitu atau dikerjakan sendiri pengirisan tempe dalam jumlah besar perlu waktu yang lama.
 
Untuk mengatasi itu dan mendorong agar pengrajin lebih produktif lagi terdapat mesin pengiris tempe yang dapat dioperasikan dengan mudah oleh para pengrajin keripik tempe. Mesinnya sederhana dan tidak rumit sistem pengoperasiannya. Dengan bantuan mesin itu pekerjaan yang sebelumnya dilakukan secara tradisional oleh para pengrajin yaitu mengiris tempe dapat digantikan oleh mesin.
 
Mesin pengiris tempe keripik ini ukurannya tidak besar. Pengoperasiannya menggunakan motor listrik. Cara pengoperasian mesin pengiris tempe tidak sulit. Pertama siapkan bahan dulu. Juga siapkan bak atau tempat untuk menampung hasil irisan. Jika sudah siap setel ketebalan irisan. Penyetelah dilakukan dengan memutar ulir pengatur. Jika hasil irisan ingin tipis kencangkan atau buat rapat pisau dengan memutar ulirnya. Jika hasil irisan ingin agak tebal ulir agak dikendorkan.
 
Kemudian yang kedua tempe yang siap diiris-iris dimasukkan pada sebuah tempat yang berhubungan dengan pisau. Pisau itu nanti berputar mengiris tempe. Jika mesin dinyalakan pisau akan melakukan irisan
 
Ketiga periksa hasil irisan pertama. Jika terlalu tebal atur pisau agar lebih rapat sehingga dihasilkan irisan yang cukup tipis. Sebaliknya jika terlalu tipis pisau juga diatur dengan cara yang sama. Pengaturan pisau dilakukan dengan benar hinga dihasilkan irisan yang tepat sesuai yang dikehendaki.
 
Tempe yang selesai diiris akan masuk pada sebuah saluran dan jatuh di bak penampung. Jadi jangan lupa menyediakan bak penampung. Setelah itu tempe yang sudah teriris rapi dapat diproses selanjutnya menjadi tempe keripik.
 
Jika sudah selesai bekerja langsung dibersihkan mesin agar setiap waktu dapat digunakan kembali dengan cepat. Mesin yang bersih atau sering dibersihkan tidak mudah terkena karat. Selain itu mesin yang selalu bersih juga menyangkut higienis dari produksi.
 
mesin_pengiris_tempeMesin pengiris tempe ini dapat membantu mempercepat pekerjaan pengirisan tempe sebelum digoreng menjadi keripik tempe. Bahan baku diletakkan dalam mesin dan selanjutnya mesin akan melakukan pengirisan. Penggerak mesin ini motor listrik 1 PK dan cukup mampu mengiris tempe dalam jumlah banyak dan dalam waktu yang lebih cepat.
 
Mesin pengiris tempe ini memiliki dimesnsi 600 x 800 x 1200. Untuk penggeraknya motor ½ atau 1 PK. Pisau dibuat dari bahan stainless dan kapasitasnya lebih 30 irisan per menit
 
EFISIENSI
Di manapun juga mesin sebagai sarana bantu manusia dimaksudkan untuk memudahkan pekerjaan manusia. Mesin pengiris tempe dimaksudkan untuk membantu pengrajin dalam mengolah tempe. Terdapat dua keuntungan yang diperoleh pengrajin dengan penggunaan mesin pengiris tempe keripik yaitu efisiensi waktu produksi dan efisiensi biaya produksi.
 
Jika menggunakan pola mengiris tradisional butuh waktu lama. Hal ini karena bentuk tempe yang diiris lebih besar di banding tempe biasa. Juga harus menjaga agar irisan tempe sama. Karena itu harus hati-hati. Kondisi begitu jelas tidak efisien di bidang waktu. Apalagi jika bahan baku yang akan diiris banyak. Kadang-kadang agar bahan baku cepat teriris semua dikejakan sampai malam atau dengan merekrut tenaga kerja yang diberi tugas khusus mengiris tempe. Itu jelas menambah biaya produksi karena terdapat cost tenaga kerja tambahan.
 
Jika menggunakan mesin maka akan terdapat efisiensi waktu dan biaya produksi. Dengan mesin pengirisan bahan baku tempe dapat dilakukan sendiri. Tebal tipisnya irisan juga dapat diatur dengan mudah. Karena dapat dioperasikan sendiri maka tidak perlu terdapat cost tenaga kerja. Biaya tenaga kerja dapat ditambahkan untuk keperluan produksi yang lain.
 
Karena dilakukan mesin dan ketebalan irisan sudah ditentukan lebih dulu maka bahan baku meskipun jumlahnya banyak bisa dengan cepat selesai diiris atau dirajang. Jika pekerjaan mengiris selesai maka waktu yang tersisa dapat segera digunakan untuk keperluan penggorengan tempe keripik. Bisa juga waktu yang tersisa itu digunakan untuk pengembangan pemasaran atau untuk keperluan pemeliharaan aspek higienis produknya. Produk yang bersih dan terjamin higienisnya akan menarik konsumen. Ditunjang dengan perluasan pemasaran maka kesuksesan akan diraih pengrajin keripik tempe. (Eddy)


Copyright © 2008 - 2014 by LPTP surakarta, All right reserved.
Bali web design